Genetika N Mikroba



Soal Genetika:
1.     Seorang wanita bergolongan darah A berrhesus negatif menikah dengan pria golongan darah A berrhesus positif. Bila mempunyai anak yang sehat golongan darah O. Berapa % kemungkinan anak yang sehat?
2.    Sepasang suami istri normal, masing-masing membawa sifat albino. Bila suami istri tersebut merencanakan mempunyai anak 4 orang, kemungkinannya bahwa semua anaknya tidak albino adalah?
3.    Diadakan pemeriksaan golongan darah berdasarkan sistem MN kepada murid SMP, didapatkan 320 orang bergolongan darah M; 160 orang bergolongan darah MN; dan 20 orang bergolongan darah N. Berapakah frekuansi gen LM dan LN dalam populasi itu?
4.    Dalam suatu populasi, 16 % individunya menunjukkan sifat ressesif. Frekuensi gen dominan di dalam populasi tersebut?
5.    Suatu populasi domba disuatu padang rumput berjumlah 1296 ekor, diantaranya terdapat 1215 ekor berwarna putih dan sisanya berwarna hitam. Jika populasi domba itu dalam kesetimbangan, maka tentukanlah:
a.    Frekuensi gen warna putih dan hitam
b.    Frekuensi genotipe domba warna putih dan hitam
c.    Berapa ekor yang diduga heterozigot diantara domba putih
6.    Suatu populasi yang bisa merasakan pahit (taster) 84% sedangkan sisanya bersifat nontaster. Tentukan:
a.    Frekuensi gen taster dan nontaster
b.    Frekuensi genotipe populasi taster dan nontaster
7.    Diketahui frekuensi orang albino pada suatu populasi masyarakat adalah 16 diantara 10.000 orang. Berapa persenkah orang pembawa sifat albino yang heterozigot?
8.    Penduduk yang berjumlah 100 orang yang memiliki golongan darah A= 24 orang, golongan darah B= 31 orang, golongan darah AB= 20 orang, dan golongan darah O= 25 orang. Tentukan frekuensi alel IA, IB, dan IO !
9.    Di suatu daerah, 9% laki-laki menderita hemofilia. Frekuensi dari perempuan di daerha tersebut yang memiliki gen perempuan normal?
10. Laki-laki buta warna di suatu daerah sebesar 8%. Tentukanlah:
a.    Frekuensi gen laki-laki normal
b.    Persentase persentase buta warna dan pembawa/carrier
11.  Soal UN-Biologi (2008/2009)
Dalam 100 populasi manusia, terdapat 36 orang yang dapat menggulung lidah. Jika gen a adalah gen untuk sifat lidah tidak dapat menggulung, maka perbandingan genotif AA : Aa : aa pada populasi adalah?
12. Di suatu pulau kecil berpenduduk 10.000 dengan rasio pria dan wanita sama. Terdapat 8% penduduk pria menderita buta warna. Jumlah penduduk wanita normal tetapi membawa sifat buta warna adalah?

Soal Mikroba (tambahan coyyy^^)
Suatu kultur bakteri, diawali dengan 4  sel bakteri/ml pada faselag 1 jam dan waktu generasi 20 menit. Berapa banyak sel yang ada pada 1 liter kultur ini setelah 1 jam dan setelah 2 jam?

#Selamat mengerjakan#
Hihiiii,..untuk kunci jwbnnya, tnggu di edisi nge~blog selanjutnya. Maklum penulis lagi sibuk n ini aja disempat2in buat nulis...heheee :P. Btw, umumnya soal2 diatas dikumpul penulis selama msh skull, jaman2 abg..hihii n jgn lupa cantumkan alamat andiirmasuryani.blogspot.com klo mau copas yah^^

Post a Comment

0 Comments