FOTOSINTESIS





Fotosintesis merupakan proses pembentukan energi (anabolisme) dengan memanfaatkan energi dari cahaya matahari. Proses fotosintesis terdiri atas rekasi terang (fotosistem) dan reaksi gelap (S. calvin).
1.     Fotosistem
Fotosistem II pada klorofil P680, dimana elektron tereksitasi pada P680 akibat adanya foton dari matahari, lubang elektron selanjutnya diganti oleh elektron dari fotolisis air (H2O à 2H+ + 1/2O2 + 2e-). Elektron selanjutnya berpindah dari rantai elektron ke fotosistem I (P700). Rantai elektron berupa plastocyanin, plastoquinon, dan sitokrom. Elektron terjatuh dari rantai elektron ditangkap oleh membran tilakoid yang menghasilkan energi berupa ATP.

Fotosiistem I, elektron dari fotosistemI (P700), tereksitasi akibat foton dari matahari dan lubang elektron yang ada, diganti oleh elektron fotosistem II (P680). Elektron selanjutnya berpindah melalui transpor elektron berupa fd (feredopsin) dan enzim NADP reduktase memindahkan elektron dari fd ke NADP à NADPH

·         Siklikà hanya melibatkan fotosistem I
·         Nonsiklik à melibatkan fotosistem II dan I

2.    Siklus Calvin
Duabelas molekul CO2 dari 6CO2 x 2 molekul
CO2 selanjutnya difiksasi oleh RuBP dengan bantuan enzim. C5 à PGA/diPGA (pospoglycerat acid) diubah menjadi PGAL (Pospogliceraldehid) dengan bantuan energi berupa, ATP dan NADPH, hasil dari fotosistem. PGAL à 1PGAL (amilum/pati) dan 5PGAL (atom C 3) akan kembali diikat oleh RuBP + CO2 (atom C 5) untuk kembali bersiklus seperti awal.

Heheheeee....baru nge~blog lagi, btw yg mo copas, jan lupa cantumkan alamat blog andiirmasuryani.blogspot.com. OK^^.

Post a Comment

0 Comments