Tips dan Trik Lulus Tes Cpns CAT (Berdasarkan Pengalaman)

Bismillah, di postingan sebelumnya, sy pernah janji akan memberikan tips n trik lulus cpns murni...hehee

Sblumnya, sy cerita dlu kisah awal sy ikut tes cpns di thun 2014, alkisah zaman dhulu kala :D
Akhir tahun 2010 (*4 tahun lah pas), sy lulus S1 dri kampus tercinta U N M makassar jur biologi (*bukan unem yh), sy n tmn berniat daftar cpns awalx ikut2an sj dripda nganggur hehe...nah terxta ada beasiswa lanjut S2 tuh namax Beasiswa Unggulan 2011, disini sy cba daftar (*hantam aja smuanya, siapa tau rezekix disini..:p) sya cbalah daftar kan ksempatan gk dtg 2 kali, DANNN terxta...rezekinya disini sya lulus S2 di ITB 2011 dgn beasiswa ini, mumpung gratis, n biaya hidup dll  jg ditanggung, sy lanjutlah S2, nah smua berkas2 psiapan tes sperti skck, kartu kuning dkk, yg kmren2, tlupakanGGG hehe...

Ceritax blanjut.. S2 Alhamdulillah slesai 1 thun 8 bulan (*sujud syukur smuax lancar plus biaya pnelitian jg dibantu dosen pembimbing bhubung proyek hehee jd dana dri beasiswa amannn :D)
Stelah S2, kan beasiswa ini sistemx klo udh slesai maka akan ditempatkan kleh Dikti sbgai dosen tetap non pns, Alhamdulillah sy diterima di U N M univ, asal S1, (*sujud syukur lgi Alhamdulillah gk nganggur) Dan beberapa bulan sy mngabdi sbagai Dosen tetap non pns, ada PENERIMAAN PNS 2014 dannnn,...pas sya liat kuotax...*jenggg...jengg...jeng....ada 1 kuota utk Dosen Biologi (*sujud syukur ya Rabb :')  )

Singkat cerita, itu kali pertama sya mengikuti tes CPNS 2014 dan, sistemx CAT pula, mnggunakan komputer, jadi soalnya itu 100 nomor, diselesaikan dlm wkt 90 menit jdi saat wktx udh 90 mnit (countdown) mka secara otomatis, layar dikomputer akan offline (gak sama dgn LJK msh sempat mngisi jwbn), trus dilayar akan muncul skornya sja, Alhamdulillah, dari 3 part soal, skor sy smuax diatas passing grade. Stelah mlewati tes CAT, pas pngumuman, Alhamdulillah cuma sy sndiri yg lolos tapiii...tetap sya msh harus melewati sleksi administrasi berkas, Tes Wawancara dan Tes tertulis serta microteaching. Alhamdulillah sy mlewati smua dgn lancar.
Tipsx apa??? tipsx sya rasa sdh familiar:
1. Berdoa pada Tuhan YME
2. Minta restu Ortu, krn ridho Ortu mka Tuhan pun akan ridho
3. Berusaha dgn belajar (Ingat!!! gak ada yg instan yah, sya belajarx gak pake SKS Sistem Kebut Semalam), sya blajarx skitar 3 bulanan biarpun skitar 30 menit/hri, asal KONSISTEN!!!

Nah, skedar info, tes Cpns CAT (Computer Assisted Test) terdiri dri 3 part:
1. Tes intelegensi umum (TIU) nah soalx ini agak miriplah dgn soal TPA (tes pengetahuan akademik)
2. Tes wawasan kebangsaan (TWK) sputar pancasila, NKRI, pasal2, UUD 45
3. Tes Kepribadian, ini yg paling tinggi passing gradex (*seingatku..)

Jgn meremehkan tiap partx, krn jika ada salah satu part yg skorx dibawah passing grade, maka dpt dipastikan Anda tdk akan lulus, klo metode belajar sy sih berhubung di tes TWK disini byk yg gagal, maka skitar 70% sy luangkan wkt utk belajar TWK ini meskipun diantara part lain ya, TWK yg passing gradex tdk tlalu tinggi.

Nah utk TWK ini, sya sampai hafal tiap pasal2 dan butir2 pancasila, sidang BPUPKI, persiapan kemerdekaan dll (*skrg udh lupa :p), contoh soal, byk di internet dan sya jg pelajari Buku SMA Kewarganegaraan dan Buku SMA IPS Sejarah hahaha...(*back to putih abu2, cuma bukux sja yh bukan kembali ke skulx :D) Alhamdulillah sy dpt anugra (*anugratis) dri senior yg udh lulus sbelumx (*minta copyan soal2 cpns yg dia beli di online..Alhamdulillah gratissss :p) skrg copyanx thapus dilaptop lama :(. Stelah mempelajari TWK dgn spenuh hati mendalami dan serius (*maklum wkt sma sy kurang suka dgn plajaran yg beginian cz biasax sy ngantuk...hehee..pissss cikgu) slain dpt ilmu, sy rasa, jiwa nasionalisme sya smakin tinggi (*lebay ah)

Klo utk TIU, bhubung sy sdh tbiasa dgn soal2 TPA, sy mluangkan wkt skitar 20% utk mempelajari TIU sperti soal2 phitungan, logika, dll. (*bukanx meremehkan yah, krn tiap part soal cpns, sya merasa kurang di wawasan kbangsaan...hehehe)

Lanjuttt, klo utk soal kepribadian, sya luangkan wkt skitar 10% lah, skali lagi bukan meremehkan soal, masalahx waktu 3 bulan utk belajar, sy rasa msh kurang loh *sy gk terbiasa belajar pake sistem SKS, sy lebih suka n lebih paham klo jauhhhhhh hari sblmx sy belajar :). Klo soal kepribadian
 ini, yah sya berlatihlah kerja soal2 yg ke arah kepribadian, or psikologi2... kbetulan adik sya yg bungsu jg master psikologi :D

Oh iya ini ada tambahan tips sebelum tes dimulai...
1. Jangan lupa BERDOA sebelum memulai mengisi soal yah, 
2. JANGAN Gugup, tetap tenang mengerjakan soal biar bisa FOKUS, 
3. Malamnya sbelum tes, jgn BEGADANG biar gak telat pas hari H, 
4. Paginya, Wajib Sarapan!!!. Oh iya Klo bisa sehari or dua hari sebelum tes, jgn lupa cek lokasi tes. 5. Usahakan Kerja Soal dgn Cepat, krn waktunya yg singkat (*gak kerasa loh 90 menit kerja soalx) 
6. Sebelum Tes dimulai, Yg mau buang air kecil or besar, mending ke toilet aja, krn wktunya 90 menit, akan tetap berjalan jd klo izin ke toilet, mka wktu Anda utk mngerjakan soal akan kurang
7. Usahakan smua soal, dijawab ful!!! jgn ada yg kosong (*klo bener2 gak tau jwbnx, tetap isi aja, siapa tau benar, karenaaaa...gak ada sistem minusnya) *bdasarkan pngalaman
8. Jgn terpaku/ terlalu lama pada soal, klo gak bisa jawab, langkahi sja dulu soalx, kerjakan yg Paling Mudah!!! nanti di akhir bru kerjakan yg agak Rumittt...
9. Jangan lupa jg bawa Kartu Tes yah, plus pensil/pulpen buat coretan/cakaran saat mngerjakan soal yg ad perhitunganx. Good Luck!!!

Nah itu tips dan trik berdasarkan pengalaman sya mngikuti tes CPNS 2014, Alhamdulillah sya lulus bgitupun dgn suami sya. Murni...dgn pertolongan Tuhan, doa Orang tua (Doa Bpk dan doa Almh. Ibu smasa hidup agar anakx sukses :')  )

Terima kasih jg buat Pemerintah, krn dengan adanya selesi cpns dgn CAT, smuanya transparan, skor jg langsung kluar stelah tes slesai...👍🏼🙏🏻😊

Post a Comment

17 Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Assalamualaikum mohon maaf sebelum'nya kepada admin sedikit saya ingin lewat berbagi cerita bagi teman teman yang percaya lewat postingan ini tentang KISAH SUKSES saya jadi anggota PNS, alhamdulillah berkat bantuan bpk DR.HERMAN M.Si

      DIREKTUR APARATUR SIPIL NEGARA BKN PUSAT JKT, sekarang saya dan kaka saya sudah jadi PNS berkat bantuan beliau, nomor hp bpk Dr Herman 0853-2174-0123

      (KISAH NYATA LULUS PNS DI lingkungan PEMDA JAWA TIMUR )

      Kakak dan Saya 3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku dan Dirinya saling memotivasi dan Akhirnya di tahun 2014 Berhasil

      Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.

      Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.

      Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan teman-teman Semua,.

      Mohon maaf mengganggu waktunya saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR singkat dan semoga bermanfaat..... saya dan Kakak seorang honorer yang baru saja lulus jadi PNS tahun 2014 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya kami ini cuma seorang Honorer di Salah satu Instansi Pemda di provensi JAWA TIMUR tepatnya KOTA MADIUM dan Kakak Saya di Instansi Pemerintahan di Kantor BUPATI DI JAWA TIMUR, Saya Sudah 8 tahun dan Kakak Saya 10 tahun jadi tenaga honorer belum diangkat jadi PNS, Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol, sayapun sempat putus asah, kemudian teman saya memberikan no tlp Bpk Dr. HERMAN M.si hp: 0853-2174-0123 beliau selaku (Direktur aparatur sipil negara) di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, dua minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih kepada beliau yang sudah mau membantu saya. itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa hubungi Bpk Dr. Herman M.si no hp Beliau 0853-2174-0123, siapa tau beliau masih mau membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.

      Delete
  2. Ada kemiripan pengalaman kita mba :)

    ReplyDelete
  3. ingin test cpns ? gampang ..
    http://shop.trubus.id/product/taklukkan-soal-cpns-dalam-1-jam-645

    ReplyDelete
  4. Copy materi masih ada bu? Bisa minta kirim k email saya? Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon bantuannya bu bila berkenan, softkopi nya materi cpns ya bu di email saya : amosgari90@gmail.com

      terimaksih ya bu Een

      Delete
    2. Apa softcopy masih ada bu?
      Kalo ada tolong kirim ke email saya
      Verdinanboangmanalu@yahoo.com
      Sebelum dan sesudah terimakasih banyak

      Delete

  5. Saya bpk har /istri lusi. di kalimantan. Permisi saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang mantan pengusaha. Mantan TKI dari johor bahru (malaysia) Dan sekarang sudah jadi pengusaha sukses kembali. Secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong, Katanya udah beberapa kali minta bantuan sama dukun melalui PARANORMAL hanya MBAH KANJENG H. SYARIF yg berhasil membantu dia melalui pesugihan mbah h syarif
    Saya dulu Hampir putus asa.saya di mana mana gagal. Hutang banyak 1 miliar. Saya kerja dipecat lagi. Entah apa penyebabnya. Setiap hari saya bertekngkar istri saya. Alhasil saya coba tlp MBAH KANJENG H SYARIF. Untuk konsultasi meganai diri saya. Ternyata ada org yg sirik sama kesuksesan saya dulu. Dan itu yg menyebapkan saya jatuh bangktrut. Mempunyai hutang banyak dan usaha selalu gagal.
    Dgn siapa mental saya hbg PESUGIHAN PALING AMPUH nyata. Berkat Bantuan Mbah Haji. Saya sudak mengapai kesuksesan kembali. Hutang 1 miliar lunas. Dan sudah beli rumah harga 2miliar, mobil. Dan usaha sekarang lancar. Mempunyai omset perbulan 400 -500 jt perbulan. Karyawan 1000 org. Saya sekarang jadi agen distributor. Es hampir seluruh indonesi. Itu kisahku. Berkat bantuan Mbah krnjeng H syarif.
    Siapa tau ini bermanfaat untuk anda. Jadi saya bagi cerita ini. Ilmu tidak perguna kalo tidak dibagikan org lain dan di mamfaatkan org banyak. Sekali lagi trimakasih Mbah bantuannya.
    .Saya mengambil paket 5 miliar dan lansung terbukti nyata.jadi jika saudara. Ingin sukses seperti saya, hbg mbah haji no tlp. 0816271917
    Pesugihan paling ampuh nyata. Ini memang di jamin mujarab. Jangan Biarkan pikiran anda menghalangi kesuksesanmu. Tak ada usaha maka tak sukses. Setiap masalah ada jalan keluarnya. Kunjungi web. Mbah haji syarif
    pesugihanpalingampuhnyata.blogspot.co.id/2017/09/rahasia-lulus-jadi-pns-ajian.html?m=1Mbah kanjeng h syarif. Itu sepenggal ceritaku. Semoga kita bisa sukses bersaman. Trimakasih mbah...
    Hubungi mbah klik ini

    ReplyDelete

  6. Saya bpk har /istri lusi. di kalimantan. Permisi saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang mantan pengusaha. Mantan TKI dari johor bahru (malaysia) Dan sekarang sudah jadi pengusaha sukses kembali. Secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong, Katanya udah beberapa kali minta bantuan sama dukun melalui PARANORMAL hanya MBAH KANJENG H. SYARIF yg berhasil membantu dia melalui pesugihan mbah h syarif
    Saya dulu Hampir putus asa.saya di mana mana gagal. Hutang banyak 1 miliar. Saya kerja dipecat lagi. Entah apa penyebabnya. Setiap hari saya bertekngkar istri saya. Alhasil saya coba tlp MBAH KANJENG H SYARIF. Untuk konsultasi meganai diri saya. Ternyata ada org yg sirik sama kesuksesan saya dulu. Dan itu yg menyebapkan saya jatuh bangktrut. Mempunyai hutang banyak dan usaha selalu gagal.
    Dgn siapa mental saya hbg PESUGIHAN PALING AMPUH nyata. Berkat Bantuan Mbah Haji. Saya sudak mengapai kesuksesan kembali. Hutang 1 miliar lunas. Dan sudah beli rumah harga 2miliar, mobil. Dan usaha sekarang lancar. Mempunyai omset perbulan 400 -500 jt perbulan. Karyawan 1000 org. Saya sekarang jadi agen distributor. Es hampir seluruh indonesi. Itu kisahku. Berkat bantuan Mbah krnjeng H syarif.
    Siapa tau ini bermanfaat untuk anda. Jadi saya bagi cerita ini. Ilmu tidak perguna kalo tidak dibagikan org lain dan di mamfaatkan org banyak. Sekali lagi trimakasih Mbah bantuannya.
    .Saya mengambil paket 5 miliar dan lansung terbukti nyata.jadi jika saudara. Ingin sukses seperti saya, hbg mbah haji no tlp. 0816271917
    Pesugihan paling ampuh nyata. Ini memang di jamin mujarab. Jangan Biarkan pikiran anda menghalangi kesuksesanmu. Tak ada usaha maka tak sukses. Setiap masalah ada jalan keluarnya. Kunjungi web. Mbah haji syarif
    https://pesugihanpalingampuhnyata.blogspot.co.id/2017/09/rahasia-lulus-jadi-pns-ajian.html?m=1Mbah kanjeng h syarif. Itu sepenggal ceritaku. Semoga kita bisa sukses bersaman. Trimakasih mbah...
    Hubungi mbah klik ini

    ReplyDelete
  7. Jirrrr udah S2 tulisannya alay lahhh.. huruf X di artiin "nya"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang begitu, tidak bermaksud alay, teman2 saya dari kalimantan, ntb, ntt, makasar, sulawesi, papua dll juga klo ngetik text message nya seperti itu, awalnya saya kira alay, tapi lama2 bisa memahami dan menerimanya, mgkn agak susah kalo harus mengubah kebiasaan itu ��

      Delete
  8. wah terima kasih share cerita nya mbak :)

    ReplyDelete
  9. KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI PNS Assalamualaikum mohon maaf sebelum'nya kepada admin sedikit saya ingin lewat berbagi cerita bagi teman teman, lewat postingan ini tentang KISAH SUKSES saya jadi anggota PNS, alhamdulillah berkat bantuan bpk DR.HERMAN M.Si DIREKTUR APARATUR SIPIL NEGARA BKN PUSAT JKT, sekarang saya dan kaka saya sudah jadi PNS berkat bantuan beliau, nomor hp bpk Dr Herman 0853-2174-0123 (KISAH NYATA LULUS PNS DI lingkungan PEMDA JATIM ) awal info saya membuka situs dari http://rahasia-sukses-jadi-pns.blogspot.co.id dan saya memberanikan diri menhubungi beliau dan alhamdulillah berkat petunjuk dari bpk DR HERMAN M. SI sekarang saya sudah jadi anggota pegawai negeri sipil di jawa timur, semoga lewat testimoni saya ini bermanfaat bagi teman teman honorer. Wass

    ReplyDelete
  10. Many thanks for your kind invitation. I’ll join you.
    Would you like to play cards?
    Come to the party with me, please.
    See you soon...

    เล่นบาคาร่า

    เครดิตฟรี

    เล่นบาคาร่า

    แจกเครดิตฟรี ฝากถอนง่าย

    ReplyDelete