BINAHONG --> Turunkan Kadar Kreatinin (Obat Penderita Gagal Ginjal)


Binahong  (Anredera cordifolia), tumbuhan yang merambat dan menjalar ini, memiliki khasiat   dalam mengobati penyakit gagal ginjal. Dimana diketahui bahwa penderita gagal ginjal harus melakukan cuci darah dengan alat hemodyalisis yang biaya sekali cuci darah sangat mahal. Namun, dengan adanya penelitian klinis berikut maka, InsyaAllah penderita gagal ginjal bisa disembuhkan hanya dengan mengkonsumsi tanaman Binahong. 

Penelitian klinis :
Menurut dr Zainal Gani, dokter dan herbalis di Malang, Provinsi Jawa Timur, gagal ginjal merupakan penyakit akibat  menurunnya fungsi ginjal. “Fungsi ginjal sebagai penyaring bahan toksik yang dikeluarkan melalui kencing tidak optimal,” ujar dokter alumnus Universitas Brawijaya itu. Akibatnya, tubuh tidak bisa mengeluarkan sisa metabolisme dan akhirnya masuk ke pembuluh darah sehingga pasien mesti melakukan cuci darah.
Untuk mengetahui fungsi ginjal dengan mengukur kadar klirens kreatinin. Semakin tinggi kadar kreatinin pada darah menunjukkan menurunnya fungsi ginjal. Nilai normal kreatinin dalam darah manusia kurang dari 1,2  mg/dl. Indikator lain adalah menurunnya volume urine, tubuh lemah, lesu, bengkak, dan keluarnya protein albumin melalui urine. Cirinya warna air seni berwarna kuning pekat.
Untuk mengatasi penyakit mematikan itu Prof Dr Elin Yulinah Sukandar Apt dan rekan di Sekolah Farmasi, Insititut Teknologi Bandung,  memanfaatkan  binahong Anredera cordifolia. Binahong sejatinya merupakan tanaman hias merambat. Tanaman anggota famili Basellaceae itu tumbuh subur di berbagai tempat di Indonesia. Guru besar Farmasi itu meriset keampuhan dheng san chi-sebutan binahong dalam bahasa Tiongkok-secara praklinis pada tikus yang menderita gagal ginjal.
Sebelum perlakuan, Elin menginduksi nefrotoksik yakni kombinasi antara gentamisin berdosis 100 mg per kg bobot tubuh dan kaptopril berdosis 10 mg per kg bobot tubuh selama 3 hari agar tikus mengalami gagal ginjal. Gentamisin bersifat merusak ginjal dengan meningkatkan stres oksidatif dan melepas lisosom yang merusak sel sekitarnya. Akibatnya, terjadi gangguan ekskresi kreatinin (hasil filtrasi ginjal, biasanya sebagai indikator kerusakan ginjal) dan urea nitrogen.  Selanjutnya, kreatinin  darah tikus diukur sebagai data awal.
Elin membagi 25 tikus dalam 5 kelompok. Kelompok I merupakan kontrol positif. Pada kelompok itu Elin menginduksi nefrotoksik tanpa memberikan ekstrak binahong. Sedangkan kelompok II menjadi kontrol negatif (normal), tanpa induksi nefrotoksik maupun ekstrak binahong. Pada tikus kelompok III-V, Elin memberikan nefrotoksik dan  ekstrak binahong dengan dosis masing-masing 50 mg, 100 mg, dan 200 mg per bobot tubuh selama 11 hari. Ia mengamati fungsi ginjal tikus pada hari ke-4 dan ke-11 dengan mengukur kadar kreatinin serum tikus.
Mujarab
Hasil penelitian itu membuktikan bahwa pemberian ekstrak daun binahong-ketiga dosis berbeda-mampu memperbaiki fungsi ginjal tikus. Kelompok yang mengonsumsi ekstrak binahong fungsi ginjalnya membaik, terlihat dari menurunnya kadar kreatinin darah. Penurunan kadar keratinin darah paling besar terjadi pada pemberian 100 mg per kg bobot tubuh ekstrak binahong.
Ginjal tikus pada kelompok yang tidak diberi ekstrak binahong terjadi kerusakan sel dengan melebarnya ruang uriner pada kapsul bowman-bagian ginjal yang berfungsi untuk menyaring darah. “Pemberian ekstrak binahong membuat ruang uriner menjadi normal dan kadar kreatin darah turun,” ujar Elin.
Menurut Elin, ekstrak madeira-vine-sebutan binahong di Amerika Selatan-mampu  memperbaiki fungsi ginjal dengan menurunkan kadar kreatinin karena adanya homeostasis. Homeostasis merupakan penyetabilan cairan di sekitar  sel dengan menyeimbangkan ion hidrogen. Akibatnya, kerja ginjal membaik dengan pengontrolan asam basa tubuh melalui pembuangan urine. Elin menduga khasiat itu berkat kandungan flavonoid, saponin, kuinon, dan steroid (triterpenoid) pada binahong.
Zainal Gani menuturkan heart leaf sejatinya bukanlah herbal baru. Ia sudah mengenal binahong sepuluh tahun lalu dan meresepkan untuk memperlancar aliran darah, penyembuhan pascaoperasi, maupun obat luka luar. Untuk mengonsumsinya cukup rebus 10-15 gram daun binahong segar dalam satu gelas air hingga mendidih. Cara lain seduh 1,5 gram daun binahong kering dengan segelas air mendidih. Daun dapat dikeringkan menggunakan oven dengan suhu 50ºC hingga kadar airnya bersisa 10%.
Air rebusan atau seduhan itu dikonsumsi 3 kali sehari, maksimal 4 kali. “Daun binahong juga bisa dikonsumsi sebagai lalapan,” ujarnya. Zainal menyarankan mengonsumsi ramuan itu sebelum makan. “Dalam kondisi perut kosong penyerapan senyawa aktif lebih optimal,” ujarnya.  Dengan begitu binahong tak hanya cantik menghiasi taman, tapi juga menjadi jalan kesembuhan. (Desi Sayyidati Rahimah)
SUMBER à  TRUBUS edisi 505 (Desember 2011)

Post a Comment

21 Comments

  1. Apa benar benahong dapat menolong atau mengurangi tingginya kreatinin

    ReplyDelete
  2. Untuk mendapatkan binahong di mna ya? Soalnya saudara saya mempunyai kreatin yqng tinggi.. Butuh respon nya segera.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daun binahong kering biasanya dijual di psr tradisionil, di penjual jamu jawa di DTC wonokromo sby lantai bawah. Atau beli online juga bisa via internet. (antok 081213535048, 085732990052 utk sharing)

      Delete
    2. Binahong kemasan bisa dibeli toko toko Herbal

      Delete
  3. Informasi binahong yang sangat bermanfaat sekali.

    http://bit.ly/11ITh0u

    ReplyDelete
  4. makasih. saya punya tumbuhan binahong tapi nggak tahu manfaatnya

    ReplyDelete
  5. Terima kasih informasinya. Saya sudah lama menanam binahon. Beberapa tetangga juga sudah ada yang memanfaatkannya, tetapi saya sendiri belum begitu yakin akan hasilnya. Setelah membaca informasi ini, terlebih karena didukung oleh penelitian ilmiah, saya jadi yakin, Saya akan mencobanya untuk mengobati istri saya yang mengidap DM, Hipertensi, Kolesterol, dll, sehingga setiap hari harus menum obat kimia yang lumayan banyak (sekitar 15 macam obat). Kalau berhasil kelak akan saya buat testimoni. Trm ksh. Salam: St.S.Tartono

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana pak stefanus?
      apakah uda ada perkembangan? ^^,

      kalo uda tolong di share ya pak

      makasih :)

      Delete
  6. Terima Kasih mba Irma.. Saya sudah sembuh dari Kreatinin 9.. Berkat daun binahong.. Semoga Allah SWT membalas kebaikan mba Irma dgn menybarkan blog ini. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamu'alaikum maap bpk unknown..saya boleh minta email/kontak buat sharing pengalaman? soalnya ayah saya sekarang juga dlm kondisi kreatinin tinggi

      makasi

      Delete
    2. Mba Dewi nama saya heru bisa di email ke heru.gandamana@gmail.com di rumah saya ada daun binahong.. Cukuo dikonsumsi langsung 3 kali sehari satu kali konsumsi 11 lenbar daun yg sudang jangan terlalu tua. Sebelas hari Insya Allah turun drastis. Selama konsumsi kita pantang makan protein tinggi.. Mmakanan kaleng dan air terlalu banyak. Hanya 8 gelas oer hari. Karena kaki sayavwkt itu bengkak. Trims.

      Delete
    3. Mba Dewi nama saya heru bisa di email ke heru.gandamana@gmail.com di rumah saya ada daun binahong.. Cukuo dikonsumsi langsung 3 kali sehari satu kali konsumsi 11 lenbar daun yg sudang jangan terlalu tua. Sebelas hari Insya Allah turun drastis. Selama konsumsi kita pantang makan protein tinggi.. Mmakanan kaleng dan air terlalu banyak. Hanya 8 gelas oer hari. Karena kaki sayavwkt itu bengkak. Trims.

      Delete
  7. Terima Kasih mba Irma.. Saya sudah sembuh dari Kreatinin 9.. Berkat daun binahong.. Semoga Allah SWT membalas kebaikan mba Irma dgn menybarkan blog ini. Terima kasih

    ReplyDelete
  8. Assalamu'alaikum....Maaf mau tanya gimana aturan minum daun binahongnya bagi pendeeita gagal ginjal?...saya Abdullah dari Bandung yg kadar kreatinnya di lab 8hari lalu 5.6

    Terima kasih...

    ReplyDelete
  9. Assalamu'alaikum....Maaf mau tanya gimana aturan minum daun binahongnya bagi pendeeita gagal ginjal?...saya Abdullah dari Bandung yg kadar kreatinnya di lab 8hari lalu 5.6

    Terima kasih...

    ReplyDelete
  10. Pak Abdullah sebagaimana sudah dijelaskan mas heru diatas konsumsi daun binahong sebagai lalapan dikonsumsi 3 x sehari sebanyak 11 lbr tiap kali konsumsi usahakan pilih yang muda. Selama 11 hari. Setelah itu coba dicek lagi kreatinnya dengan ijin Allah SWT dan doa tulus Insya Allah sembuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum Pak Bayu, jadi utk daun binahongnya dimakan segar utk lalapan ya, kalau utk direbus bagaimana bisa tidak pak? Bagaimana dosisnya? Terimakasih

      Delete
    2. Assalamualaikum Pak Bayu, jadi utk daun binahongnya dimakan segar utk lalapan ya, kalau utk direbus bagaimana bisa tidak pak? Bagaimana dosisnya? Terimakasih

      Delete
  11. Kalau anak umur 10thn bisa ngga konsumsi binahong. Kreatinnya 1,9...normalnya max 1,5

    ReplyDelete
  12. Jual Ramuan Jamu Godog". Turunkan kreatinin,urium,pospor,bersihkan ginjal,lancarkan kencing,bersihkan bakteri yg menyumpal di ginjal,.yg sudah paru2 terendam,karena bengkak,anti pembengkakan.tdk bisa jalan. Silahkan pesan per-kantong 75ribu. Untuk seminggu.minimal beli,2kantong.bekum ongkir. Bahan jamu godog. Binahong+Lateng+kumis kucing,kacabeling,Alpuked,sidaguri,aprika,kaktus ekor tikus,paruh burung.inshaa Allah Ampuh. WA.0896-7677-2251 pak Soleh.

    ReplyDelete