Pegunungan dan Padang Rumput (Mountain and Grassland)


Fiuhhh bru aktif lgi di blog setelah sibuk urusan duniawi,..hihihiii..tgasnya udh lama n bru di share di blog~tugas matkul etnobiologi tentang kehidupan @mountain n' grassland dri hsil nonton videoooo......lets cekidottt... :D smoga bmanfaat
1Ringkasan mengenai kehidupan pegunungan
a.    Pegunungan Altai, Mongolia. Hewan rubah mongol dimanfaatkan bulu (pakaian) dan organ paru-paru (makanan elang). Perburuan rubah mongol dengan bantuan dari burung elang Altai. Elang dipelihara dan dilatih untuk berburu. Elang yang berhasil menangkap hewan buruan (Rubah), sesuai tradisi akan mendapatkan organ paru-paru dari rubah tersebut.
b.    Pegunungan di Afrika
Hasil panen utama warga di Afrika yaitu gandum. Masalah utama para petani gandum yaitu kera gelada, yang sering mencuri hasil panen petani. Kera gelada ini juga bisa membunuh domba dan melukai orang. Dikarenakan taman margasatwa nasional berdekatan dengan lokasi tempat panen, kera gelada ini tergolong hewan yang dilindungi. Membunuh kera ini, akan diancam hukuman 7 tahun penjara. Kera ini sungguh licik, petani menjaga hasil panen gandum dengan bantuan beberapa anak yang tersebar di area pertanian.
c.    Kawah ijen, penambang belerang
Gas H2S (asam sulfur) yang terdapat di area tambang dapat merugikan para penambang karena sifatnya beracun. Beberapa efek buruk yang disebabkan oleh belerang ini diantaranya dapat merusak paru-paru, mata, kerongkongan, dan dada. Namun demi kebutuhan hidup keluarga, para penambang rela tetap bekerja meskipun pekerjaan ini tergolong berbahaya. Tiap penambang, memikul ± 90 kg/org dengan biaya hasil tambang yang dipikul, masing-masing memperoleh 5 dolar.
d.    Pasifik selatan, New guinea
Pulau New guinea , terdapat suku Yangoru boiken. Berburu keleawar merupakan salah satu aktifitas utamanya. Proses perburuan kelelawar ini, memerlukan usaha yang lumayan besar, untuk membuat jebakan kelelawar, dibutuhkan jaring yang ukurannya ± 130 kaki. Saat malam tiba, kelelawar yang terperangkap langsung diambil dari jaring agar hasil tangkapan tidak kabur. Hasil perburuan kelelawar dibagi dan dinikmati bersama warga sekampung.
e.    Pegunungan Alpen, Swiss
Di pegunungan ini, sering terjadi longsoran salju sekitar 300 longsoran. Brindelwald, yang merupakan kampung salju, terdapat bukit black horn. Untuk melongsorkan salju tersebut, digunakan dinamit yang dilempar dari atas pesawat pemantau salju. Salju tersebut harus dilongsorkan dengan dinamit, agar tidak terlalu menumpuk dan tidak menimbulkan longsoran yang dahsyat yang merugikan.
f.    Pegunungan Himalaya
Di pegunungan ini, khususnya pada puncak-puncaknya, ditinggali oleh orang. Namun, radiasi sinar ultraviolet mengancam keselamatan warga, yang paling umum yaitu kebutaan. Di ketinggian 400 kaki, dilakukan upacara pemakaman budha. Dikarenakan di pegunungan tidak terdapat pepohonan, sehingga tidak terdapat kayu untuk tempat kremasi jenazah. Oleh karena itu, dilakukan pemakaman yang disebut dengan pemakaman langit. Jenazah dibawa ke puncak kemudian ditinggalkan dan tubuh jenazah dimakan oleh burung nasar.

2.    Ringkasan mengenai kehidupan padang rumput
a.    Sabana, Kenya selatan
Salah satu mata pencaharian suku Doroba yaitu berburu. Namun proses perburuannya memanfaatkan hasil tangkapan dari singa. Berbekal kepercayaan diri dan peralatan kayu seadanya, mengambil hasil tangkapan dari singa.
b.    Suku bushmen, berburu merupakan salah satu mata pencaharian utamananya. perburuan rusa, dengan menggunakan pemanah, panahnya terlebih dahulu diolesi dengan cairan kumbang pasir. Rusa yang terkena panah, akan melemah karena cairan kumbang pasir ini, bersifat toksik (racun). Rusa yang melemah akan memudahkan proses penangkapannya.
c.    Kamboja
Warga Vaana di daerah kamboja, aktifitas utamanya bukan memancing ikan, melainkan berburu ular. Hasil tangkapan yang diperoleh sebagian dikonsumsi dan sebagian lagi di jual untuk kebutuhan sehari-hari.
d.    Afrika timur, suku Masai
Suku Masai ini, untuk dapat memperoleh madu dari sarang lebah, memanfaatkan burung pemandu madu, dengan cara bersiul sehingga dengan bantuan burung tesebut, sangat mudah ditemukan lokasi sarang-sarang lebah. Agar sarang lebah dapat diperoleh dengan mudah, tanpa mengganggu lebah, maka digunakan asap untuk menenangkan lebah. Madu yang diperoleh selain dinikmati pribadi, juga diberikan ke burung pemandu madu.
e.    Tanzania
Hasil panen warga Tanzania, terganggu oleh serangan hama ‘burung belalang’ yang memakan hasil panen. Burung ini merupakan burung quela. Dalam mengatasi serangan burung quela, petani berusaha mencari kelemahan dari burung ini. Saat senja, burung quela kembali ke sarangnya yang lokasinya tidak jauh dari tanaman panen petani, agar hasil panen aman, maka petani membakar sarang-sarang burung quela di pepohonan sehingga burung ini tidak memiliki sarang tempat tinggal dan mencari sarang di lokasi lain yang jauh dari lokasi panen.
f.    Stepa, Mongolia
Warga di daerah ini, terkenal sebagai penjinak kuda. Untuk memperoleh susu segar dari kuda, maka kuda-kuda liar harus dijinakkan. Salah satu cara untuk menjinakkan kuda yaitu dengan melaso kuda agar tetap dengan induknya. Susu kuda yang diperoleh difermentasikan menjadi airag (yoghurt). Warga di stepa ini, bersifat nomaden, mengikuti kemana arah kuda tersebut berpindah.
g.    Padang rumput Afrika, Ethiopia selatan
Terdapat suku suri dan suku shahuri, pengembala ini, menganggap ternak sebagai mata uangnya. Mereka berusaha melindungi ternak-ternak. Suku Shahuri melakukan ritual dan perang dengan suku Suri untuk membuktikan bahwa sukunya mampu memimpin ternak-ternak. Sebelum berperang, suku Shahuri melakukan ritual donga yaitu dengan meminum darah ternak (sapi), dengan meminum darah, konon akan menambah kekuatan saat berperang.  Suku Shahuri yang berhasil mengalahkan suku Suri membuktikan bahwa suku mereka mampu memimpin dan menguasai seluruh ternak.

3.    Jika ingin mempelajari tradisi suatu kaum, persiapan dan keahlian yang diperlukan diantaranya :
a.    Kepercayaan diri seperti suku Doroba di Kenya dalam berburu
b.    Mampu memanfaatkan alam dan makhluk hidup sekitar seperti halnya suku Masai, Afrika timur yang memanfaatkan burung pemandu madu dalam memperoleh madu serta suku bushmen  yang memanfaatkan cairan kumbang pasir yang bersifat racun dalam berburu rusa
c.    Kondisi fisik yang prima
d.    Property-properti
e.    Kemampuan dalam berkomunikasi dan beradaptasi dengan lingkungan dan warga sekitar
f.    Mempelajari prilaku dan kondisi alam sekitar
g.    Mempelajari kebiasaan dan prilaku penduduk sekitar



*jangan lupa cantumkan sumber klo mo copas yeee...^^ ~~>>> andiirmasuryani.blogspot.com

Post a Comment

0 Comments