Kasepuhan Cipta Gelar (Part 1)

Hihiiii,...akhirx bru bsa upload tulisan stlh sibuk penelitian, presentasi ICMNS 2012 n lppm proyek Bu Tjandra :D (* sok sibuggg,...hehehe)... Hasil kulap n referensi ttg Kasepuhan cipta gelar, poin2 nya aja gk tlalu detail sihhh~~>>> lets cekidott :D

                                     ADAT KASEPUHAN CIPTA GELAR





 Kondisi Geografis dan Akses
Secara geografis TNGHS terletak pada 1060 21‘ BT - 1060 38‘ BT dan diantara 60 37‘ LS – 60 51‘ LS di bagian barat daya Provinsi Jawa Barat. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 175/Kpts-II/2003 tanggal 10 Juni 2003, luas kawasan TNGHS adalah 113.357 ha.
Secara administratif wilayah kerja Taman Nasional Gunung Halimun Salak (Tabel 5) meliputi tiga wilayah administratif pemerintahan tingkat kabupaten, yaitu Kabupaten Bogor, Sukabumi dan Lebak. Pada tingkat kecamatan dan desa, terdapat 26 kecamatan (9 kecamatan bagian dari kabupaten Bogor, 8 kecamatan bagian dari kabupaten Sukabumi dan 9 kecamatan merupakan bagian dari kabupaten Lebak) dan 101 desa yang berbatasan langsung dengan wilayah TNGHS.
Salah satu kampung yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun, yaitu di Kampung Ciptagelar, yang secara geografis terletak pada 106º27'-106º33'BT dan 6º52'-6º44'LS.  Kampung Ciptagelar terletak pada ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut dengan topografi yang berbukit, dimana terdapat hutan dan  makam pada topografi teratas sedangkan pada topografi paling bawah terdapat sawah dan sungai. Pemukiman dibuat berteras mengikuti bentuk alaminya
Secara administratif, lokasi studi terletak di wilayah Kampung Sukamulya, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Lokasi berbatasan dengan Desa Sirnagalih di sebelah Utara dan hutan titipan, Gunung Panenjoan, Gunung Pangkulahan dan Gunung Bala di sebelah selatan. Di sebelah Timur, lokasi berbatasan dengan Desa Cihamerang, sedangkan di sebelah Barat lokasi berbatasan dengan Desa Sirnagalih. Kampung Ciptagelar dipimpin oleh seorang lurah/kepala desa yang disebut jaro, tetapi secara adat pemukiman Kampung Ciptagelar dipimpin oleh seorang sesepuh girang (kepala adat) yang lebih dikenal dengan sebutan Abah Ugi.
 

 
 

Post a Comment

0 Comments